Blog, Parenting Muslim

Mengapa Memulai Semua Aktivitas Dari Kanan? (5+)

Alif dan ayahnya sedang duduk-duduk di taman, mereka sedang menikmati sore bersama.
.
“Ayah, kalau kita makan itu pakai tangan kanan ya?” Alif bertanya saat .
“Iya Lif.”
.
“Kalau wudhu, tangan kanan dulu ya?”
.
“Iya Lif.”
.
“Kalau mau pakai epatu, kaki kanan dulu ya?”
.
“Iya Lif.”
.
“Semuanya kok dari kanan ya?”
.
“Lif, semua yang kita lakukan, kita mulainya dari kanan. Kecuali beberapa aktivitas aja, kayak mau masuk toilet, mulainya dari kaki kiri. Itu semua karena kita sedang mencontoh orang yang mulia, Alif tahu siapa?”
.
“Hmmm,” Alif berpikir sejenak, “Rasulullah ya, Yah?”
.
“Betul, Rasulullah memulai semua kegiatan dari kanan. Karena kita cinta Rasulullah, kita mengikuti semua yang Rasul lakukan.”
.
“Oooh gitu ya, Yah,” Alif mengangguk-angguk.
.
Lalu ayah pun balik bertanya, “Alif tahu nggak musuh kita itu siapa?”
.
“Musuh? Musuh kita itu setan kan, Yah?”
.
“Nah, kalau Rasulullah makan pakai tangan kanan, setan itu makannya pakai tangan kiri, Lif. Kalau kita makan pakai tangan kiri, kita apa dong?”
.
“Setan, ya berarti. Alif nggak mau ah jadi setan. Berarti Alif makannya pakai tangan kanan ya.”
.
“Betul Lif.” .
Ayah Bunda,
Islam mengatur berbagai hal untuk kebaikan dunia akhirat kita semua. Ini termasuk dalam hal-hal yang sering kita anggap sepele. Misalnya bagaimana kita memulai aktivitas, kebanyakan aktivitas kita mulai dari kanan, inilah teladan yang Rasulullah ajarkan.
.
Aisyah radhiallahu anha berkata,
.
“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam suka memulai dari sebelah kanan saat mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci, & dalam seluruh aktifitas beliau.” (HR. Al-Bukhari & Muslim)
.
Adab menggunakan tubuh bagian kanan ini juga termasuk dalam hal makan dan minum. Bahkan, Rasulullah memberitahukan hal yang menjadi ciri-ciri setan adalah makan dan minum dengan tangan kiri. .
Setan itu bukan hanya jin, namun ada manusia yang perilakunya seperti setan juga. Mengajarkan anak makan minum dengan tangan kanan merupakan satu upaya kita agar terjauhkan dari perilaku setan.

Lanjut di kolom komentar ya????????
afrakidsofficialRasulullah bersabda, “Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim)
Semoga Allah selalu menguatkan kita untuk terus meneladani Rasulullah, dan menjauhkan kita dari perilaku yang membuat kita menyerupai setan. Aamiin Yaa Rabb. #JoyfulRamadhanAfrakids #JoyfulRamadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *