Blog, Parenting Muslim

Siapa yang Menciptakan Allah? (5+)

Siapa yang Menciptakan Allah? (5+)
“Ayah, Alif itu diciptakan sama Allah ya?” tanya Alif saat sedang berjalan-jalan dengan ayahnya.

“Iya, Lif.”

“Kalau ayah, diciptakan sama Allah juga?”

“Benar sekali Lif.”

“Kalau burung?”

“Burung itu diciptakan sama Allah.”

“Kalau matahari?”

“Matahari juga Allah yang menciptakan.”

“Kalau pohon?”

“Allah juga, semua yang ada di langit, di bumi, semuanya Allah yang menciptakan.”

“Terus, kalau semuanya diciptakan sama Allah, yang menciptakan Allah siapa?”

Ayah pun berjongkok, menyamakan ketinggian matanya dengan Alif. “Alif, kita menyembah kepada Sang Maha Pencipta. Kalau ada yang menciptakan Allah, berarti Allah bukan Maha Pencipta dong.”

“Ooooh iya juga ya, Yah.”

“Alif beriman kepada Allah?”

“Beriman dong, Yah.”

“Alhamdulillah. Ayah juga beriman kepada Allah. Allah itu tidak butuh apa pun, tidak butuh yang lain untuk menciptakan-Nya. Berbeda dengan kita, kita makhluk yang diciptakan Allah. Kita selalu butuh sama Allah. Makanya kalau kita meminta, kita memintanya ke siapa Lif?”

“Ke Allah!” seru Alif.

“Benar, yuk kita baca Al-Fatihah bareng-bareng. Supaya kita semakin sering ingat sama Allah, dan juga supaya Allah melindungi kita.”

“Audzubillahiminasysyaithonirajim….” Alif dan ayahnya pun membaca surat Al-Fatihah sampai selesai.

Ayah Bunda,

Keimanan paling mendasar dalam Islam adalah percaya bahwa Allah Yang Maha Menciptakan segala sesuatu. Kita tidak beribadah kepada Dzat yang membutuhkan yang lain. Begitulah Allah, Dia tidak membutuhkan apa pun.

Dalam Quran surat Ar-Rad ayat 16, Allah berfirman yang maknanya,
Katakanlah: “Siapakah Tuhan langit dan bumi?“ Jawabnya: “Allah“. Katakanlah: “Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak (pula) kemudharatan bagi diri mereka sendiri?“

Katakanlah: “Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?“

Katakanlah: “Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dialah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa“.

Bahkan orang yang tidak beriman sekali pun tahu kalau yang menciptakan segalanya itu Allah. Allah berfirman yang maknanya, “Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab: “Allah”, maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah)?” (QS. az-Zukhruf : 87)

Fitrahnya, manusia akan memikirkan tentang Tuhan. Namun hanya yang tunduk kepada wahyulah yang akan memiliki keimanan yang tepat tentang Allah. Rasulullah mengajarkan kita aqidah yang benar, aqidah yang berasal dari wahyu. Rasulullah pun mengajarkan kita bagaimana menjawab pertanyaan siapa yang menciptakan Allah ini.

“Manusia tidak akan henti-hentinya saling bertanya hingga muncul pertanyaan Allah menciptakan makhluk. Lalu siapa yang menciptakan Allah. Maka barangsiapa yang menemui pertanyaan yang semisal maka katakanlah aku beriman kepada Allah” (HR Muslim)

Sebagai muslim, kita beriman kepada Rabb yang menciptakan, dan tidak diciptakan. Kalau Tuhan itu ada yang menciptakan, maka pasti yang menciptakan Tuhan itu lebih hebat dari Tuhan. Itulah sebabnya mustahil Allah diciptakan. Itulah hikmah dari anjuran Rasulullah dari hadits di atas, pertanyaan siapa yang menciptakan Allah bisa membuat kita tersesat.

Dalam hadits lain disebutkan bahwa pertanyaan seperti ini datangnya dari setan dan kita perlu berlindung dari pertanyaan seperti itu. Rasulullah bersabda, “Setan akan datang kepada salah seorang dari kalian lalu bertanya, ‘Siapa yang menciptakan ini dan itu? Hingga akhirnya dia akan bertanya siapa yang menciptakan Tuhanmu? Jika hal itu terjadi, hendaknya dia berlindung kepada Allah dan sudahilah (jangan turuti menjawab pertanyaannya).” (HR. Muslim)

Semoga Allah melindungi kita dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu dan menguatkan kita pada keimanan yang benar.

Begitu pula saat anak-anak bertanya siapa yang menciptakan Allah. Kuatkan keimanan anak dengan meyakinkan bahwa Tuhan kita tidak mungkin diciptakan, lalu ajak anak untuk berlindung kepada Allah. Sebagai muslim, kita beriman kepada Allah, Sang Khaliq, Yang Menciptakan, Yang Awal dan yang Akhir. Semoga Allah menjaga agar aqidah kita tetap lurus. Aamiin Ya Rabb.

Anak Ayah Bunda memiliki pertanyaan tentang Islam? Isi di kolom komentar ya.

cek bazarafra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *